top of page
  • Writer's pictureJasmine Villanueva

Digital Literacy Skills



Now, we do know that being digitally literate is a must in this era, to achieve that there are a few categories of literacies that we should be familiar with. Here are some of them:


Nah, tentu sekarang kita telah mengetahui bahwa menjadi melek dalam teknologi itu penting di era ini, untuk mencapai hal itu ada beberapa kategori literasi yang kita perlu kenali. Beberapa diantaranya:


Photo-Visual Literacy

A skill that’s closely related to graphic user interfaces that helps us to ‘read’ freely and understand the instructions and messages visually. This is very important as 96% of workers in the US use communications as part of their daily life and 62% use the Internet as part of their jobs - and this may even grow more as time goes on.


Literasi Foto-Visual

Skill yang berhubungan dekat dengan graphic user interface yang membantu kita untuk ‘membaca’ dengan mudah dan memahami instruksi serta pesan secara visual. Ini sangatlah penting karena 96% pekerja di US menggunakan ‘komunikasi’ sebagai bagian dari hidup mereka dan 62% menggunakan internet sebagai bagian dari pekerjaan mereka - dan ini kemungkinan akan semakin bertumbuh seiring waktu.


Socio-emotional Literacy

Skill that helps us, as cyberspace users to avoid ‘traps’ as well as derive benefits from the advantages in digital communication. This is a skillset that we use to cope with feelings, set goals, make decisions and everything that involves sociological as well as emotional aspects of work in cyberspace and ‘real space’.


Literasi Sosio-emosional

Skill yang membantu kita, sebagai pengguna dunia maya untuk menghindari ‘jebakan’ sekaligus mengambil manfaat dari komunikasi digital. Ini adalah keahlian yang kita gunakan yang berhubungan dengan perasaan, menentukan tujuan, mengambil keputusan dan hal lainnya yang berhubungan dengan aspek sosiologis serta emosional kita di dunia maya dan ‘dunia nyata’.


Information Literacy

Ability to know when there’s a need for information and which information is useful for them. They will also be able to evaluate and effectively use the information to their advantage for the problems at hand or for future possible problems.


Literasi Informasi

Kemampuan untuk mengetahui kapan suatu informasi dibutuhkan dan informasi mana yang berguna bagi diri mereka sendiri. Mereka juga bisa mengevaluasi dan menggunakan informasi tersebut secara efektif untuk mengatasi masalah yang ada ataupun yang mungkin akan muncul di masa depan.


Reproduction Literacy

Ability to create a meaningful, authentic and creative work by interpretation towards their surroundings. They usually see the details around them, integrate those and create a new meaningful combination from the existing information. People that possess this skill usually possess a good multi-dimensional synthetic thinking as well.


Literasi Reproduksi

Kemampuan untuk menciptakan karya yang memiliki nilai, original dan kreatif melalui interpretasi seseorang terhadap sekelililingnya. Mereka biasanya melihat detail di sekitar mereka, menggabungkan tersebut kemudian menciptakan kombinasi yang indah dari informasi yang ada. Orang yang memiliki skill ini juga biasanya memiliki pola pikir multi dimensi yang baik.


Branching Literacy/ Hypermedia Literacy

Ability to see and process the information that’s presented non-linearly. This skill requires the user to think critically outside the box as sometimes the information can be too complex or requires more effort to be understood. Out of other skills, this one might be the hardest to be familiar with.


Literasi Percabangan (Branching) / Literasi Hypermedia

Kemampuan untuk melihat dan memproses informasi yang disajikan secara non linear. Skill ini membutuhkan penggunanya untuk berpikir secara kritis diluar kotak karena terkadang informasi tersebut bisa terlalu sulit atau membutuhkan kemampuan lebih untuk dimengerti. Dari semua skill yang ada, yang ini kemungkinan adalah yang paling sulit untuk dikenali dan dikuasai.


Those are the skills that we at least need to know and be familiar with in order to cope with the changing requirements of the era. It won’t be easy for sure but if we try to practice it step by step, we’re sure you’ll be able to master it!


Itu tadi adalah beberapa skill yang kita harus ketahui dan kenali supaya bisa menghadapi perubahan zaman ini. Tentunya memang tidak mudah namun kalau kita mau mencoba berlatih sedikit demi sedikit, kami yakin kalian semua pasti bisa menguasainya!


Sources:

10 views1 comment
  • LinkedIn
  • Screen Shot 2021-06-21 at 3.58.09 PM
  • YouTube
  • Instagram

Copyright 2023 © gendigital.org

bottom of page